100% Unofficial Fortnite Pro Guide

100% Unofficial Fortnite Pro Guide

B. Indonesia Jelaskan alasanmu, mengapa konjungsi sebab,akibat penting dalam kaidah kebahasaan teks persuasi ?

Jelaskan alasanmu, mengapa konjungsi sebab,akibat penting dalam kaidah kebahasaan teks persuasi ?

Teks persuasif merupakan suatu teks yang ditulis dengan tujuan untuk membujuk atau mengajak para pembaca mengikuti tulisan tersebut. Dalam teks persuasif sangat penting menggunakan konjungsi sebab akibat karena dalam menarik pembaca perlu ada penawaran tentang sesuatu yang akan di dapatkan oleh pembaca, jika hal yang ditawarkan tersebut menarik maka pembaca tidak perlu berfikir 2 kali untuk mengikuti ajakan dalam tulisan tersebut.

Pembahasan:

Teks persuasif merupakan suatu teks yang ditulis dengan tujuan untuk membujuk, mengajak, atau mempengaruhi para pembaca untuk mengikuti pemikiran atau tindakan yang terdapat dalam tulisan atau teks tersebut.

Dalam teks persuasif ada beberapa kaidah kebahasaan, diantaranya yaitu:

  1. Kalimat persuasif merupakan suatu kalimat yang ditulis dengan tujuan untuk membujuk, mengajak, atau mempengaruhi para pembaca. Adanya kalimat persuasif dapat ditandai dengan adanya kata ajakan seperti 'ayo' atau 'marilah'.
  2. Kalimat imperatif merupakan seuatu kalimat yang ditulis dengan tujuan untuk memerintah atau meminta orang lain melakukan tindakan yang diinginkan.
  3. Kata istilah merupakan suatu kata yang digunakan berkaitan dengan bidang keilmuan tertentu.
  4. Kata verba mental merupakan suatu kata kerja yang digunakan untuk menujukkan respon seseorang terhadap tindakan tertentu.
  5. Penggunaan konjungsi atau kata penghubung yang berfungsi untuk menhubungkan antarkata atau antarkalimat. Dalam teks persuasif sangat dianjurkan untuk menggunakan konjungsi sebab akibat dengan tujuan untuk mempermudah pembaca melakukan atau mengikuti sesuatu yang diinginkan oleh penulis.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materi teks persuasif pada link dibawah ini

brainly.co.id/tugas/14914412

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

[answer.2.content]